3rd Annual Scientific Forum

Desember 27, 2016 oleh : superadmin

 

 

 

Seminar dan workshop merupakan salah satu wadah dan sarana pembelajaran bersama yang saat ini banyak sekali diselenggarakan dengan semakin meningkatnya kemauan pendidikan yang lebih maju.

Pada Sabtu, 17 Desember 2016, pukul¬† 08.00 – 16.00, dan bertempat di Ruang OSCE lt. 4, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah berhasil melaksanakan Seminar dan Workshop 3rd Annual Scientific Forum dengan tema “Husnul Khotimah Care in Life Limiting Illness”. 100 peserta yang hadir selain mahasiswa keperawatan,¬† diantaranya juga adalah para dosen dan perawat.

Semakin meningkatnya kemunculan penyakit-penyakit yang notabennya adalah sangat kecil pada harapan sembuh, seperti HIV-AIDS, gagal ginjal, kanker, dll, makin meningkatkan pula respon positif para dosen Magister Keperawatan UMY untuk dapat memberikan wadah kepada setiap orang yang ingin mengetahui dan sama-sama belajar mengenai perawatan bagi penderitanya. Karena pada dasarnya tujuan dari paliiative care adalah kematian yang baik dan bermartabat dengan terbebas dari ketidaknyamanan fisik dan spiritual, maka asuhan keperawatan kepada pasien dengan palliative illness/limiting illness harus diberikan secara holistic dan komprehensif meliputi bio, psiko, social, dan spiritual.

dan berdasarkan tema itulah, di ebntuk beberapa subtema seminar yang meliputi :

  • Inter Professional Collaborative (IPC) in palliative care
  • Hu care in palliative care
  • Pain in palliative care
  • Spiritual care in palliative care

Materi seminar disampaikan oleh pembicara atau narasumber yang pakar dalam bidang Palliative Care, yaitu :
1. Dr. Kemala Rita Wahidi, S.Kp., Sp.Onk., ETN., MARS., Ns
2. Dr. dr. Sagiran, Sp.B., M.Kes
3. Erna Rochmawati, S.Kp., Ns., MNSc., M.Med.Ed., Ph.D
4. Rina Wahyuni, S.Kep

 

Sebagai sarana untuk mengimplementasi materi mengenai paliatif yang telah di dapat dalam seminar, maka dilaksanakan pula workshop.
Workshop 3rd Annual Scientific Forum ini sendiri di bagi menjadi 3 tema :
1. Komunikasi Interpersonal pada Perawatan Paliatif
2. Manajemen Nyeri pada Pasien Paliatif
3. Holistic Health Care

Ketiga tema di atas nantinya bertujuan untuk mengetahui bagaimana prakteknya, bagaimana seharusnya berkomunikasi, penatalaksaan nyeri, dan bagaimana aplikasi pelayan husnul khotimah care, yang dilakukan oleh orang terdekat atau orang yang merawat penderita palliative illness, ketika penderita mengalami klimaks atau menyadari apa yang kemudian akan terjadi kepadanya.

Maka dari itu, mengapa perawatan yang Husnul Khotimah itu penting dilakukan pada penderita life-limiting illness, karena pertama dan utama sekali penderita harus mau dan mampu menerima kenyataan yang dialaminya.