Academic Lecturer Series yang merupakan kegiatan rutin perkuliahan umum di Program Studi Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kali ini mengundang dr. Iman Permana, M.Kes., Ph.D sebagai pembicara dan pemateri. Adapun tema pertemuan hari ini tepatnya pada Selasa, 24 Desember 2019 yakni, “ Qualitative Data Analysis : Embracing The Holistic Nature of The Data “ . Acara ini dihadiri oleh banyak mahasiswa dari Magister Keperawatan UMY. Acara ini berlangsung di Gedung Pascasarjana UMY.

Sebagai pemateri, dr. Iman Permana, M.Kes., Ph.D memulai sesi diskusi dengan brainstorming kepada sejumlah mahasiswa yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan tentang penelitian kualitatif dan apa yang dimaksud dengan penelitian holistik/data holistik. Beberapa mahasiswa pun interaktif saling menjawab pertanyaan sekaligus mempertanyakan pula mengenai hambatan-hambatan pengalaman penelitian yang pernah mereka lakukan.

Secara keseluruhan, dalam pertemuan ini pemateri mencoba untuk menjelaskan perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian yang lainnya karena penelitian jenis ini seringkali tidak dianggap sebagai penelitian yang ilmiah. Oleh karena itu, pemateri akhirnya mencoba menjabarkannya dengan pengetahuan data holistik. Tidak hanya itu, pemateri juga turut memberikan informasi bagaimana cara menganalisis sebuah data dalam penelitian kualitatif melalui pengalaman beliau dan jalannya diskusi sangat kondusif karena mahasiswa – mahasiswa yang hadir begitu tertarik dengan tema yang diperbincangkan.