Mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan UMY kembali akan melakukan praktik klinik di luar negeri ke empat perguruan tinggi. Keempat perguruan tinggi tersebut antara lain International Islamic University Malaysia, Khon Khaen University Thailand, Guanxi Medical University China, serta Changhua Christian Hospitas. Praktik klinik atau Student exchange tersebut sudah memasuki tahun ketujuh yang diselenggarakan Magister Keperawatan UMY.

Dalam sambutannya, Kepala Program Studi S2 Keperawatan, Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D, mengungkapkan rasa sukurnya atas terselenggaranya program student exchange yang ketujuh tersebut. “Alhamdulillah, program exchange ini sudah diadakan sampai angkatan ke 7 dan kami juga masih mempersiapkan angkatan ke 8,” jelas Fitri pada hari Sabtu (30/9) di ruang 301 lantai 3 gedung Kasman Singodimejo Pascasarjana UMY. Program tersebut juga menjadi program lanjutan dari Magister Keperawatan UMY yang sebelumnya juga mengadakan hal serupa.

Fitri melanjutkan bahwa tahun ini, Filipina tidak dimasukkan dalam negara tujuan seperti tahun lalu. “Untuk tahun yang ke 7 ini Filipina belum termasuk dalam negara tujuan exchange. Namun kami akan memulai lagi tahun depan. Mudah-mudahan bisa dilakukan,” jelas Fitri Arofiati.

Di sisi lain, Direktur Program Pascasarjana UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE., menegaskan kepada mahasiswa Magister Keperawatan UMY agar memiliki tingkat keilmuan yang harus berada di atas mahasiswa S1. Mahasiswa magister juga dituntut untuk lebih kritis dengan keadaan yang ada. “Mahasiswa Magister dituntut untuk lebih knowledgeable, segala sesuatunya juga harus disikapi secara kritis, serta dapat menyelesaikan masalah tidk secara emosional,” jelasnya.

Student Mobility Program ini juga memberikan dampak bagi mahasiswa agar dapat membuka wawasan selebar-lebarnya. “Saat ini, bukan zamannya persaingan interlokal ataupun nasional saja, namun saat ini persaingan regional bahkan internasional. Jika kita tidak bertemu dengan mahasiswa asing, dengan lingkup yang berbeda dari yang kita rasakan sehari-hari, maka wawasan kita terbatas,” tambahnya.

Dalam akhir sambutannya, Sri Atmaja berpesan kepada mahasiswa Magister Keperawatan UMY agar selalu mengambil segala sesuatu yang baik, dan meninggalkan yang buruk.
Selain itu, turut hadir dalam pelepasan Mahasiswa exchange Magister Program Studi Keperawatan UMY, Wakil Rektor I UMY Bidang Akademik, Dr. Ir. Sukamta, MT.,IPM. Ia berpesan kepada mahasiswa agar dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Selain itu, melakukan segala sesuatu dengan ikhlas, tanpa beban apapun. “Agar selalu menjaga nama baik almamater, jalankan dengan baik program ini agar nantinya juga dapat memberikan ilmu baru bagi yang lainnya,” tutupnya. (darel)