Program Unggulan

Program Unggulan

1. Annual Scientific Forum

ASF merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai salah satu bentuk komitmen Program Studi Magister Keperawatan UMY untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu keperawatan serta pendidikan keperawatan di Indonesia. Tujuan penyelenggaraan ASF adalah meningkatkan suasana akademik serta untuk memberikan ruang bagi akademisi, peneliti, praktisi dan stakeholder lain dalam bidang keperawatan untuk berdisuksi tentang perkembangan ilmu keperawatan dan pendidikan keperawatan di Indonesia.

ASF diselenggarakan bekerja sama dengan berbagai institusi kesehatan dan pendidikan keperawatan di Indonesia maupun di Asia, diikuti oleh akademisi, peneliti dan praktisi di bidang keperawatan.

2. Student  Exchange

Setiap tahun Program Studi Magister Keperawatan UMY menerima dan mengirimkan mahasiswa dari institusi pendidikan keperawatan di luar negeri dalam program student exchange. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan tentang transcultural nursing, memperkaya pengalaman mahasiswa, dan meningkatkan pengetahuan dalam bidang keperawatan serta pendidikan keperawatan.

3. Joint Research

Program Studi Magister Keperawatan UMY saat ini telah bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan keperawatan di Indonesia dan Faculty of Nursing Khon Kaen University Thailand    untuk melakukan penelitian di Indonesia dan Thailand.

Saat ini Program Studi Magister Keprawatan juga sedang menginisiasi program joint research dengan Central Taiwan University of Science and Technology dan Chubu Gakuin University Japan.

4. Practicuum Abroad

Praktek di luar negeri merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan UMY, ditempuh pada Blok V semester III dengan bobot 4 SKS. Hingga saat ini telah terdapat 5 institusi pendidikan keperawatan yang menjadi tujuan program Practicuum Abroad: Khon Kaen University Thailand, Ubon Ratchathani University Thailand, Ifugao State University Thailand, Central Taiwan University of Science and Technology, dan Guangxi Medical University China. Pelaksanaan Practicuum Abroad ini, dalam pelaksanaannya juga memanfaatkan Rumah Sakit-Rumah sakit pendidikan yang dimiliki institusi-institusi tersebut seperti Khon Kaen Hospital Thailand, Srinagarind Hospital Thailand dan Changhua Christian Hospital Taiwan.