Rumah sakit pendidikan menjadi salah satu elemen penting dalam membangun kualitas tenaga kesehatan sebelum terjun ke dunia kesehatan, sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) dalam kuliah umumnya di Magister Keperawatan UMY pada tanggal 19 April 2018.

Di sela-sela kegiatannya dalam menghadiri kongres Asian Congress in Nursing Education (ACiNE) ke-3 di Hotel Royal Ambarrukmo, Guru Besar Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga ini hadir untuk menjadi pemateri dalam kuliah umum Magister Keperawatan UMY yang diikuti sebanyak 20 mahasiswa. Selama kurang lebih tiga jam, beliau menyampaikan beberapa hal penting yang berkaitan dengan pemenuhan fasilitas pendidikan kesehatan dalam menunjang kualitas seorang tenaga kesehatan sebelum masuk di dunia kerja, seperti mempersiapkan fasilitas klinik, manajemen rumah sakit pendidikan, membangun kerjasama institusi dengan rumah sakit pendidikan, serta penentuan kualitas SDM.

Selain pemenuhan fasilitas pendidikan kesehatan, Prof. Nursalam juga menjelaskan tentang peran seorang Ners sebagai preseptor yang meliputi fungsi dan role model.