Sambutan Ketua Program Studi

Alhamdulillahirobbilalamin,
Program Studi Magister Keperawatan UMY pada penyelenggaraannya, memiliki empat pilihan konsentrasi, yitu Keperawatan Medikal Bedah (KMB), Menejemen Pendidikan Keperawatan (Nursing Education/NEDU), Keperawatan Komunitas, dan Keperawatan Jiwa.

Peningkatan kualitas proses pembelajaran menjadi perhatian utama untuk menghasilkan lulusan yang kompeten baik sebagai care provider maupun educator, yang mampu menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat dalam skala nasional maupun internasional.

Peningkatan kualitas tersebut telah dibuktikan dengan capaian Akreditasi Prodi Magister Keperawtan UMY. Berdasarkan SK BANPT No.463/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014 dinyatakan bahwa Program Studi Magister Keperawatan UMY ter Akreditasi B.

Pengalaman pembelajaran diberikan kepada mahasiswa dengan mengimplementasikan studen center learning, yang merupakan metode pembelajaran dari kurikulum berbasis kompetensi yang telah disusun berdasarkan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI).

Sealin itu proses pembelajaran juga dilakukan di beberapa Universitas dan Rumah Sakit di Luar Negeri yang merupakan mitra dari Prodi Magister Keperawatan UMY, sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa tentang pendidikan dan pelayanan keperawatan di Luar Negeri. Selain itu, nilai-nilai ke islaman yang merupakan penciri dari institusi pendidikan Muhammadiyah, di integrasikan dalam kurikulum dan proses pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikannya di dunia kerja. Kami berharap dengan adanya Prodi Magister Keperawatan UMY, dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan keperawatan di Indonesia, sebagai bentuk tanggung jawab institusi pendidikan Muhammadiyah kepada bangsa Indonesia.