24 September 2018 menjadi awal dimulainya kegiatan pembelajaran mahasiswa baru Magister Keperawatan (MKEP) UMY angkatan 9. Hal ini ditandai dengan kuliah perdana yang diikuti 41 mahasiswa dari empat peminatan di ruang 308 lantai 3 Gedung Pascasarjana UMY.

Kuliah perdana dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diisiĀ  oleh Fitri Arofiati, S.Kp., Ns., MAN., Ph.D selaku ketua program studi MKEP. Diawali dengan sesi perkenalan, kegiatan kelas berlanjut dengan diskusi tentang pendidikan keperawatan di Indonesia serta perkembangannya secara umum. Fitri juga menjelaskan tentang skala perbandingan sistem pendidikan keperawatan di Indonesia dengan negara lain yang meliputi kurikulum, penelitian, jurnal internasional, dan lain sebagainya. Selain itu, tantangan keperawatan di Indonesia ke depan dalam bersaing diera globalisasi juga menjadi fokus yang disampaikan kepada mahasiswa baru. Usai penjelasan materi sistem keperawatan di Indonesia, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Hari pertama kuliah mahasiswa baru MKEP berakhir pada pukul 17.30 WIB. Diharapkan, mahasiswa baru Magister Keperawatan UMY dapat menyesuaikan diri dengan cepat sehingga mampu mengikuti alur perkuliahan dengan baik.