Kedatangan jajaran img_3444dosen, staff, serta ketua dan pembimbing STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto pada tanggal 04 November 2016, segenap jajaran dosen Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengambut dengan hangat dan penuh semangat.

Acara Studi Banding Studi BAnding STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto di Magister Keperawatan UMY dihadiri oleh 1o dosen dan 2 staff dari STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto dan 7 dosen Magister Keperawatan UMY.

 

img_3429Bertempat di Ruang 307, lt. 2 gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dimulai pukul 08.00 WIB, acara pertama disambut oleh Ketua Program Studi Magister Keperawatan UMY, Ibu Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D.  di lanjutkan dengan sambutan dan perkenalan dari pembina STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto.

Inti acara sendiri terdiri dari 4 presentasi dari narasumber yang juga merupakan dosen Magister Keperawatan UMY. Presentasi pertama adalah mengenai Struktur Jabatan Program pascasarjana dan Sumber Daya Manusia Magister Keperawatan, yang di sampaikan oleh Sekretaris Program Studi, Ibu Erna Rochmawati, Skp., Ns., M.Med.Ed., MNS., DNSc. dalam presentasi ini di sampaikan juga mengenai visi dan misi dari magister Keperawatan UMY. Beberapa pertanyaan muncul dari STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto yang kemudian menjadi bahan diskusi bersama. contoh pertanyaan yang muncul adalah tentang bagaimana kriteria UMY untuk menempatkan masing-masing personil atau dosen di Magister Keperawatan. Pertanyaan tersebut di jawab oleh narasumber sendiri, yaitu bahwa UMY menentukan personil berdasarkan jabatan fungsional yang telah dimiliki, keaktifan di Muhammadiyah, berdasarkan latar belakang pendidikan, dan di utamakan yang sudah berpendidikan doktor. Kemudian presentasi ke dua adalah mengenai Kurikulum dan Penilaian Akademik, yang di sampaikan oleh penanggung jawab kurikulum, Ibu DR. Titih Huriah, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Sp.Kom. dalam presentasinya, DR. Titih Huriah, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Sp.Kom. menjelaskan bagaimana Magister Keperawatan menentukan sistem pembelajaran dan jumlah sks.

Pukul 10.00, sembari menyantap hidangan coffee break yang telah di sediakan, dilanjutkan presentasi ke-3 menegenai Panduan Tesis dan Ujian Tesis, yang di sampaikan oleh Ibu Shanti Wardaningsih, S.Kep., M.Kep.,Sp.Jiwa., Ph.D. dalam topik presentasi ini di jelaskan bahwa mulai angkatan 6, seminar proposal, seminar hasil, dan ujian tesis harus menggunakan bahasa Inggris. dan presentasi yang terakhir adalah mengenai Kemahasiswaan dan Kerjasama, yang di sampaikan oleh penanggung jawab kerjasama dan kemahasiswaan Magister Keperawatan, Ibu Ambar Relawati, S.Kep., Ns., M.Kep. dalam presentasinya, Ibu Ambar menjelaskan kerjasama Magister Keperawatan UMY dengan institusi-institusi dalam dan luar negeri, contohnya dengan Khon Kaen University Thailand, CTUST Taiwan, IIUM Malaysia, dan Canghua Christian Hospital. Bentuk kerjasama yang dilakukan antara lain seperti student exchange, lecturer exchange, visiting lecturer, dan staff exchange.

img_3466Presentasi ke-4 merupakan akhir dari rangkain acara studi banding. Setelah penutupan, pembina STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto, Bapak H. Sugeng, S.Sos., MM.Kes. menyerahkan cindera mata khas Mojokerto, sebagai tanda terima kasih dan kenang-kenangan.