The 3rd Asian Congress in Nursing Education (ACiNE)

22 April 2018 oleh : superadmin

Asian Congress in Nursing Education (ACiNE) ke-3 digelar pada tanggal 18 – 20 April 2018 di Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman, DIY. Kali ini Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi host dalam penyelenggaraanya.

ACiNE adalah Konferensi Pendidikan Keperawatan bergengsi tingkat Asia Pasifik yang dilaksanakan setiap dua tahunan dan diselenggarakan pertama kali di Mahidol University Thailand pada tahun 2014. Acine ke-3 mengangkat tema tentang Optimizing Inter-Professional Education to Improve Health Care  Quality but Not Limited to : Nursing Education, Practice, Theory & Management (Optimalisasi Pendidikan Antar Profesional untuk Meningkatkan Kualitas Perawatan  kesehatan yang Tidak Terbatas Pada: Pendidikan Keperawatan, Praktik, Teori & Manajemen). Kongres kali ini diikuti oleh beberapa negara, seperti Indonesia, Thailand, Jepang, Cina, Taiwan, Irlandia, dan Swedia. Secara garis besar, tujuan utama dari ACiNE adalah membahas tantangan pendidikan, menyoroti pada ide pendidikan keperawatan transformatif, informasi dan keahlian, serta mengembangkan jaringan bersama antara pimpinan sekolah keperawatan untuk mempersiapkan lulusan perawat abad ke-21.

Kongres diikuti oleh para ketua institusi pendidikan keperawatan, dosen, serta mahasiswa universitas yang menjadi anggota ACiNE, termasuk Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Selain UMY, ada juga universitas di Indonesia yang menjadi anggota ACiNE, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Riau, dan universitas mancanegara, seperti National Cheng Kung University, Taiwan.  Kongres ACiNE  terdiri dari beberapa agenda, yaitu, workshop, sesi diskusi, presentasi poster, presentasi lisan, coffee break, dan jamuan makan malamSelain itu, pihak penyelenggara juga menyediakan booth sebagai sarana promosi jurusan keperawatan bagi masing-masing universitas, termasuk UMY.