Akademik

Program Studi Magister Keperawatan UMY menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang telah disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Program Studi Magister Keperawatan mengimplementasikan student centered learning dengan metode pembelajaran yang beragam, seperti: Expert Lecturer, Mentoring, tutorial, Field Trip, dan lain sebagainya.
Program Studi Magister keperawatan UMY menawarkan empat kelas peminatan:

  • Peminatan Keperawatan Medikal bedah (KMB)
  • Peminatan Manajemen Pendidikan Keperawatan (NEDU)
  • Peminatan Keperawatan Komunitas
  • peminatan Keperawatan Jiwa

dengan menggunakan sistem Blok 40 sks yang ditempuh dalam 4 semester, sebagai berikut:

Panduan Penulisan Tesis

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana sistematika penulisan Tesis sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Program Studi Magister Keperawatan bisa di lihat Tata Usaha Magister Keperawatan UMY Gedung Pascasarjana, Lantai 2

 

Tesis Mahasiswa

http://repository.umy.ac.id/

 

Pendaftaran Tesis

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScDqCoy5_wd4dmDJKdcdMCNegfm4KnlVCgne_YDpWLZ0SNmPQ/viewform

Annual Scientific Forum

ASF merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai salah satu bentuk komitmen Program Studi Magister Keperawatan UMY untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu keperawatan serta pendidikan keperawatan di Indonesia. Tujuan penyelenggaraan ASF adalah meningkatkan suasana akademik serta untuk memberikan ruang bagi akademisi, peneliti, praktisi dan stakeholder lain dalam bidang keperawatan untuk berdisuksi tentang perkembangan ilmu keperawatan dan pendidikan keperawatan di Indonesia.

ASF diselenggarakan bekerja sama dengan berbagai institusi kesehatan dan pendidikan keperawatan di Indonesia maupun di Asia, diikuti oleh akademisi, peneliti dan praktisi di bidang keperawatan.

 

Student  Exchange

Setiap tahun Program Studi Magister Keperawatan UMY menerima dan mengirimkan mahasiswa dari institusi pendidikan keperawatan di luar negeri dalam program student exchange. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan tentang transcultural nursing, memperkaya pengalaman mahasiswa, dan meningkatkan pengetahuan dalam bidang keperawatan serta pendidikan keperawatan.

 

Joint Research

Program Studi Magister Keperawatan UMY saat ini telah bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan keperawatan di Indonesia dan Faculty of Nursing Khon Kaen University Thailand    untuk melakukan penelitian di Indonesia dan Thailand.

Saat ini Program Studi Magister Keprawatan juga sedang menginisiasi program joint research dengan Central Taiwan University of Science and Technology dan Chubu Gakuin University Japan.

 

Praktikum Luar Negeri

Praktek di luar negeri merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan UMY, ditempuh pada Blok V semester III dengan bobot 4 SKS. Hingga saat ini telah terdapat 5 institusi pendidikan keperawatan yang menjadi tujuan program Practicuum Abroad: Khon Kaen University Thailand, Ubon Ratchathani University Thailand, Ifugao State University Thailand, Central Taiwan University of Science and Technology, dan Guangxi Medical University China. Pelaksanaan Practicuum Abroad ini, dalam pelaksanaannya juga memanfaatkan Rumah Sakit-Rumah sakit pendidikan yang dimiliki institusi-institusi tersebut seperti Khon Kaen Hospital Thailand, Srinagarind Hospital Thailand dan Changhua Christian Hospital Taiwan.

 

 

Keperawatan Medikal Bedah (KMB)

“Spesialisasi keperawatan pada unit rumah sakit dan perawatan untuk pasien dewasa yang sakit akut dengan berbagai masalah medis dan penyakit atau baru pulih dari operasi.”

Pendidikan Keperawatan (NEDU)

“Fokus pada manajemen sistem pendidikan di lingkungan keperawatan. Mulai dari pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian siswa.”

Keperawatan Jiwa (Psychiatry)

“Bentuk asuhan keperawatan yang dilakukan secara holistik, tidak hanya mengatasi klien/pasien dalam kondisi gangguan jiwa, tetapi juga sehat atau berisiko gangguan jiwa.”

Keperawatan Komunitas

“Fokus pada pembelajaran perawat profesional untuk mengembangkan, menerapkan, dan mempromosikan program layanan keperawatan di komunitas yang membutuhkan. Siswa dilatih untuk mengidentifikasi populasi berisiko tinggi, mengembangkan dan mengevaluasi kebijakan kesehatan, dan menyediakan layanan pencegahan penyakit berdasarkan bukti.”