Profil

Alhamdulillahirobbilalamin,
Program Studi Magister Keperawatan UMY pada penyelenggaraannya, memiliki empat pilihan konsentrasi, yaitu Keperawatan Medikal Bedah (KMB), Menejemen Pendidikan Keperawatan (Nursing Education/NEDU), Keperawatan Komunitas, dan Keperawatan Jiwa.

Peningkatan kualitas proses pembelajaran menjadi perhatian utama untuk menghasilkan lulusan yang kompeten baik sebagai care provider maupun educator, yang mampu menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat dalam skala nasional maupun internasional.

Peningkatan kualitas tersebut telah dibuktikan dengan capaian Akreditasi Prodi Magister Keperawtan UMY. Berdasarkan SK LAM-PTKES Nomor : 0662/LAM/PT-kes/Akr/Mag/XI/2019 dinyatakan bahwa Program Studi Magister Keperawatan UMY ter Akreditasi A.

Pengalaman pembelajaran diberikan kepada mahasiswa dengan mengimplementasikan studen center learning, yang merupakan metode pembelajaran dari kurikulum berbasis kompetensi yang telah disusun berdasarkan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI).

Selain itu proses pembelajaran juga dilakukan di beberapa Universitas dan Rumah Sakit di Luar Negeri yang merupakan mitra dari Prodi Magister Keperawatan UMY, sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa tentang pendidikan dan pelayanan keperawatan di Luar Negeri. Selain itu, nilai-nilai ke islaman yang merupakan penciri dari institusi pendidikan Muhammadiyah, di integrasikan dalam kurikulum dan proses pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikannya di dunia kerja. Kami berharap dengan adanya Prodi Magister Keperawatan UMY, dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan keperawatan di Indonesia, sebagai bentuk tanggung jawab institusi pendidikan Muhammadiyah kepada bangsa Indonesia.

Sambutan dekan

Program studi Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta didirikan pada tahun 2011 sebagai respon dari surat mandat Dirjen Pendidikan Tinggi Indonesia nomor 720/E/T/2011. UMY menjadi salah satu Universitas yang ditunjuk oleh Dirjen Dikti untuk mendirikan Program Magister Keperawatan sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas SDM pada bidang keperawatan.

Pada tahun 2011 UMY membuka Magister Keperawatan dengan peminatan keperawatan Medikal Bedah. pada tahun 2014 kemudian Magister Keperawatan telah membuka peminatan Menejemen Pendidikan Keperawatan (Nursing education/NEDU). Alhamdulillah pada tahun 2017 awal, Magister Keperawatan telah resmi membuka dua peminatan, yaitu Keperawatan Komunitas (KepKom) dan Keperawatan Jiwa.

Magister Keperawatan UMY termasuk dalam peringkat 5 besar Magister Keperawatan terbaik se-Indonesia versi BAN PT, dan saat ini merupakan satu-satunya Magister Keperawatan yang ter Akreditasi B dengan nomor SK BAN-PT No. 463/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014

Sejarah pendirian

VISI

Menjadi Program Magister Keperawatan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian keperawatan berlandaskan nilai-nilai keislaman untuk kemaslahatan umat di Indonesia pada 2020 dan di Asia pada 2025.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan di tingkat magister dengan standar nasional dan internasional.

  2. Mengembangkan penelitian yang menghasilkan teknologi keperawatan.

  3. Menerapkan ilmu keperawatan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan umat.

  4. Menghasilkan Magister Keperawatan yang berakhlak mulia dan mampu mengintergasikan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan pelayanan keperawatan profesional.

 

TUJUAN

Tujuan umum

Mampu mewujudkan magister keperawatan yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berakhlak mulia sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan khusus

  1. Meningkatkan kualitas hasil pendidikan yang berstandar nasional dan international

  2. Meningkatkan budaya meneliti yang menghasilkan penelitian yang berkualitas dan tepat guna.

  3. Meningkatkan pelayanan keperawatan profesional berbasis bukti dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Perpustakaan UMY (Pusat)
Perpustakaan UMY (Pusat)

Perpustakaan Pusat memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif. perputakaan ini buka jam 08.00-21.00 WIB

Perpustakaan Pascasarjana
Perpustakaan Pascasarjana

Perpustakaan Pascasasarjana terletak di Gedung Pascasarjana lantai 1. Perpus buka setiapharinya dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00

Perpustakaan FKIK
Perpustakaan FKIK

Perpustakaan ini berada di Gedung FKIK UMY. Di perpustkaan tersebut terdapat koleksi buku-buku keperawatan, kedokteran, farmasi ,kebidanan dan kedokteran gigi.

Library Corner (LIBCOR) Cafe
Library Corner (LIBCOR) Cafe

terletak di Perpustakaan Pusat Gedung D lantai 1 UMY. Mahasiswa dapat menikmati secangkir kopi atau coklat panas ketika berkunjung ke Perpustaan Pusat

Ruang Kelas Magister Keperawatan
Ruang Kelas Magister Keperawatan

Ruang Kelas Magister Keperawatan Terletak di Lantai III Gedung Pascasarjana UMY. Ruang tersebut dilengkapi dengan LCD, Proyektor, Akses Wifi, Full AC, Power Outlet

Ruang Diskusi Kecil
Ruang Diskusi Kecil

Ruangan ini diperuntukan untuk Dosen dan Mahasiswa saat bimbingan Tesis atau untuk diskusi lainya. Ruangan ini terletak di lantai II gedung Pascasarjana UMY

Student Lounge
Student Lounge

Magister Keperawatan UMY menyediakan Fasilitas berupa Student Lounge bagi Mahasiswa dengan free akses internet. Student Lounge dilengkapi dengan tempat belajar bagi mahasiswa yang letaknya ada di lantai 3 Gedung Pascasarjana UMY.

Ruang Sidang Magister Keperawatan
Ruang Sidang Magister Keperawatan

Ruangan ini diperuntukan untuk Sidang Tesis atau diskusi Lainnya. Terletak di Lantai 2 Gedung Pascasarjana UMY

Ruang Amphi Besar
Ruang Amphi Besar

Ruangan ini berada di lantai 4 Gedung Pascasarjana UMY. Ruangan ini diperuntukan sebagai ruangan ketika menggelar Seminar atau Conference serta Workshop dan acara lainnya.

Ruang Tutorial
Ruang Tutorial

Ruang Tutorial Digunakan sebagai tempat tutorial oleh mahasiswa Magister Keperawatan

Ruang Himagika
Ruang Himagika

Ruangan ini Berada di Lantai 1 gedung Pascasarjana UMY. ruangan ini diperuntukan untuk Anggota Himagika magister Keperawatan UMY

Masjid Ahmad Dahlan
Masjid Ahmad Dahlan

Masjid Ahmad Dahlan berada di sebelah selatan Gedung Pascasarjana. ini salah satu fasilitas untuk menunjah ibadah.

Spot Belajar Outdoor
Spot Belajar Outdoor

Spot Belajar OutDoor dilengkapi dengan Wifi free akses 24 jam bagi Mahasiswa

Food Court UMY Boga
Food Court UMY Boga

Food Court ini bedada di bawah Plaza Bintang UMY

Fasilitas Per Bankan
Fasilitas Per Bankan

Fasikitas ini ada di Gedung AR Fahcrudin B. Daftar Bank yang ada di UMY diantaranya : Bank Syariah Mandiri, Bank BRI, Bank BTN,Bank BPD DIY, Bank Bukopin, BMT UMY

Mini Hospital
Mini Hospital

Minihospital diperuntukan untuk praktik klinik mahasiswa.

Ruang Transit Dosen MKep
Ruang Transit Dosen MKep

Ruangan ini berada di lantai III gedung Pascasarjana UMY.