Magister Keperawatan UMY mengadakan kuliah umum pada tanggal 20 Maret 2018 di Ruang 310 Gedung Pascasarjana Lantai 3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Prof. Dr. Budi Anna Keliat, SKp, MAppSc, dosen Keperawatan Jiwa dari Universitas Indonesia menjadi narasumber pada kuliah umum ini.

Kegiatan tersebut dihadiri mahasiswa Magister Keperawatan UMY semester 2, khususnya yang mengambil peminatan jiwa. Dalam presentasinya, Prof. Budi Anna Keliat menyampaikan tiga topik utama tentang jiwa, yaitu Komunikasi Terapeutik Perawat di Rumah Sakit, Diagnosis Keperawatan Jiwa, dan Pelayanan Kesehatan Jiwa. Secara garis besar, beliau menyampaikan beberapa hal tentang masalah penanganan jiwa di Indonesia, yang meliputi kebutuhan kesehatan jiwa, kebijakan pelayanan kesehatan jiwa, dan pelayanan kesehatan jiwa berbasis masyarakat. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya memiliki standar pengkajian yang mumpuni bagi seorang perawat lulusan magister dibandingkan lulusan S1 dan D3.

Setelah sesi presentasi, kegiatan kuliah umum dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan narasumber dan disambung dengan melakukan praktik. Dalam sesi praktik ini, Prof. Budi Anna Keliat mengajak mahasiswa melakukan simulasi tentang penerapan atas tiga materi yang telah dibahas sebelumnya.