Penanganan Luka pada Pasien Penderita Diabetes

2 Juni 2018 oleh : superadmin

Pasien penderita diabetes memerlukan penanganan khusus dalam mengobati luka yang diderita. Itulah yang disampaikan dr. Suriadi dari Stikes Pontianak dalam kuliah umum Magister Keperawatan UMY pada tanggal 31 Mei 2018.

Kuliah umum kali ini dihadiri khusus oleh mahasiswa internasional yang berasal dari Timor Leste dengan jumlah 6 orang. Secara umum, fase penyembuhan luka ada tiga tahap, yaitu fase inflamasi, fase proliferasi, dan fase remodeling. Dr. Suriadi juga menjelaskan hal-hal yang berpengaruh dalam proses penyembuhan luka, antara lain kadar gula, sistem imun, dan kebersihan dari luka itu sendiri. Selain menjelaskan secara teori, Dr. Suriadi memberikan sedikit praktik tentang penggunaan perban elastis kepada pasien diabetes yang terluka pada bagian kaki dengan baik dan benar.

Dr. Suriadi berharap, mahasiswa Magister Keperawatan UMY dari Timor Leste ini dapat menjadi pioneer di daerahnya nanti pada bidang kesehatan setelah selesai menempuh pendidikan di UMY, khususnya dalam hal memberikan penanganan maupun perawatan pada luka.