Tiga Prodi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Workshop Penyusunan Self Assesment Report

January 9, 2020, oleh: adminmkep


Tepat pada Kamis 9 Januari 2020, Prodi Magister Keperawatan, Prodi Ilmu Keperawatan, dan Program Pendidikan dan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar Workshop Penyusunan Self Assesment Report (SAR) yang dilaksanakan di Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Workshop ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari yakni, dimulai dari hari kamis dan berakhir pada hari jumat, 10 Januari 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua dari masing-masing prodi diantaranya, Ibu Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D selaku Kaprodi Magister Keperawatan UMY, Ibu Arianti, S.Kep., Ns, M.Kep., Sp.KMB selaku Ketua Program Pendidikan dan Profesi Ners serta Ibu Shanti Wardaningsih, M.Kep., Ns., Sp.Kep.J., Ph.D selaku Kaprodi Ilmu Keperawatan juga turut serta hadir beberapa dosen dan pihak undangan yang berkepentingan lainnya.
Workshop ini merupakan serangkaian kegiatan persiapan dari ketiga prodi untuk mempersiapkan diri dalam peningkatan kualitas akreditasi menjadi prodi dengan akreditasi internasional. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah Penyusunan SAR. SAR adalah program pengendalian dan evaluasi terhadap kualitas suatu proses kegiatan dalam hali ni dimaknai dengan kualitas kegiatan belajar mengajar sesuai akreditasi internasional. Melalui SAR dapat diketahui hasil kinerja dari proses pembelajaran sebuah mata kuliah. Evaluasi dan pengendalian dilakukan dengan secara rutin dan berkala. Hasil yang ada dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam perbaikan sebuah proses. Hasil yang diperoleh tidak instan namun lebih merupakan strategi perbaikan kumulatif untuk jangka panjang.
Kegiatan ini juga merupakan bukti bahwa ketiga prodi memang sangat bersungguh – sungguh untuk meningkatkan kualitas prodinya menjadi tidak hanya sekedar baik dalam standar nasional tetapi juga baik dalam standar internasional. Ketiga prodi juga turut mengundang oleh Dr. Leni Sophia Heliani, S.T, M.Sc dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk mendampingi penyusunan Conservative Learning Alignment (CLA). Kegiatan yang berjalan selama dua hari ini diisi dengan serangkaian sesi yang cukup padat yakni, terdapat 4 sesi per harinya untuk membahas SAR dan CLA. Kesiapan ini diharapkan mampu nantinya selain meningkatkan kualitas juga dapat mencetak lulusan – lulusan yang berkualitas.